Bantuan Kerajaan Turki Utsmani Kepada Umat Nasrani Irlandia

Turki Utsmani - Begitu banyak kebaikan-kebaikan Islam kepada Nasrani yang mulai dilupakan begitu saja. Disini admin mengisahkan salah satu sejarah tentang kebaikan orang Islam kepada orang Nasrani Irlandia yang dilanda kelaparan hingga menyebabkan jutaan korban jiwa.

Pada tahun 1845 M tersebarlah penyakit yang menyerang pertanian kentang di Irlandia. Penyakit ini merusak panen kentang yang merupakan makanan pokok kaum miskin Irlandia yang menyebabkan terjadinya kelaparan paling parah dalam sejarah Irlandia, yang korbannya mencapai lebih dari satu juta rakyat Irlandia meninggal yang terjadi antara tahun 1845-1852 M.

Hingga berkuranglah seperempat penduduk Irlandia secara keseluruhan yang disebabkan oleh kematian dan pengungsian dari musibah kelaparan itu.

Dan di tengah bencana itu Amirul Mu'minin, Sultan Abdul Majid 1 memerintahkan untuk menyelamatkan para korban kelaparan di Irlandia yang telah meminta bantuan kepada umat seluruh dunia. Maka diputuskanlah oleh Khilafah Turki Utsmani pengiriman bantuan senilai 10.000 Poundsterling untuk menyelamatkan kaum miskin Katholik Irlandia. Dan uang tersebut senilai jutaan Poundsterling di zaman ini.
Sultan Abdul Majid 1
Sultan Abdul Majid 1
Hanya saja kerajaan Inggris (Protestan) melarang masuknya bantuan kaum Muslimin dengan uang ini. Hal itu karena Ratu Inggris Victoria telah mengirimkan bantuan ke Irlandia senilai 2.000 Poundsterling, dan ia tidak ingin ada orang lain yang mengunggulinya. Maka Inggris hanya mengizinkan Turki Utsmani untuk menyumbang 1.000 pound saja.
Victoria
Ratu Inggris Victoria
Maka diputuskanlah oleh Amirul Mu'minin Abdul Majid 1 untuk tetap mengirimkan 1.000 pound kepada para petani Irlandia dan menggunakan sisanya untuk membeli berbagai bahan makanan yang dikirimkan secara rahasia melalui kapal-kapal ekspedisi penyelamatan oleh umat Islam itu, yang mengangkut berbagai bahan makanan untuk kaum Nasrani Irlandia tanpa diketahui Inggris.
Dermaga Drogheda
Angkatan laut Islam berhasil masuk diam-diam pada tengah malam dan mendarat di sebuah dermaga kecil di Irlandia yang dikenal dengan dermaga Drogheda. Orang Nasrani Irlandia sangat terkejut kala mengetahui bahwa yang menyelamatkan mereka dari kematian adalah bukanlah saudara-saudara mereka Nasrani, dan penyelamat mereka justru orang-orang dari Turki yang mengikuti seorang Nabi dari Arab bernama Muhammad ibnu Abdillah SAW.

kepada Turki Utsmani

Sampai sekarang surat terimakasih dari Irlandia masih tersimpan di arsip Turki Utsmani. Beginilah sekilas dari isi suratnya " "Kami atas nama bangsawan dan segenap rakyat Irlandia bermaksud menyampaikan terimakasih dan penghormatan kami kepada yang mulia Sultan Utsmani atas bantuannya yang amat banyak di tengah bencana yang menimpa kami. Kami tidak memungkiri bahwa kami telah meminta bantuan kepada beberapa negara untuk menyelamatkan kami dari ancaman serius bencana kelaparan. Yang Mulia Sultan Utsmani telah menunjukkan perhatiannya dalam menanggapi permintaan kami."

bantuan turki utsmani
Bahkan untuk mengenang jasa Turki Utsmani, orang Irlandia membuat salah satu club sepak bola dengan nama Drogheda United FC. Seperti yang kita tau Drogheda adalah tempat pendaratan Turki Utsmani untuk mengirim bantuan makanan kepada Irlandia. Bahkan lambang dari club Drogheda United dibuat untuk mengenang bantuan Turki Utsmani yang sampai hari ini masih melekat di dada mereka.

Baca juga > Barbarossa Sang Mujahid Agung Yang Terlupakan

BERBAGI ITU INDAH

Dapatkan Update Artikel Terbaru langsung ke Email Kamu

ARTIKEL TERKAIT

Previous
Next Post »