32 Tahun Perjuangan Membangun bangsa

Pengenalan Singkat Tentang Universitas Terbuka

Universitas Terbuka
Source Image : www.ut.ac.id
Universitas Terbuka - Apakah anda pernah mendengar Universitas Terbuka (UT) ? Jika anda sudah pernah/sering mendengar, berarti wawasan anda cukup bagus tentang perguruan tinggi jarak jauh berkualitas tinggi yang berada di Indonesia.

Universitas Terbuka didirikan pada tanggal 4 September, pada tahun 2016 ini Universitas Terbuka genap memasuki usia ke-32. 32 tahun bukanlah waktu yang singkat, namun dengan tekad yang kuat UT mampu menjadi Perguruan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ) yang berkualitas yang sangat membantu seluruh bangsa Indonesia dalam hal mengakses pendidikan tinggi yang terjangkau, fleksibel dan berkualitas.

Untuk mengenal lebih jauh tentang Universitas Terbuka mari kita lihat video di bawah.

Video diambil dari Channel Youtube Universitas Terbuka

Jika anda ingin mengenal UT lebih detail, dapat dilihat langsung link website dan sosmed UT.

Website : www.ut.ac.id
Instagram : @univterbuka
Google+ : +Universitas Terbuka 
Youtube : Universitas Terbuka
Twitter : @UnivTerbuka

32 Tahun Perjuangan Membangun Bangsa

Kenapa tulisan ini berjudul "32 Tahun Perjuangan Membangun Bangsa " ? Karena di postingan ini kita akan mengenal lebih jauh tentang Universitas Terbuka yang sudah berjuang selama 32 tahun dalam membantu seluruh rakyat Indonesia untuk bisa mengakses pendidikan tinggi yang terjangkau, fleksibel dan berkualitas.

Dalam perjalanannya selama 32 tahun, banyak sudah pengorbanan-pengorbanan yang harus dilalui UT. Memang, dulu ketika baru-baru berdiri stigma UT di mata masyarakat kurang baik. Itu semua karena banyak dari masyarakat yang belum kenal dengan UT, mereka beranggapan kurang baik hanya mendengar dari mulut ke mulut. Setelah berjuang selama 32 tahun, banyak masyarakat yang tertarik dengan sistem pendidikan di UT dengan kelebihan-kelebihannya.

Kelebihan-Kelebihan Universitas Terbuka
  • UT berstatus sebagai PTN (Perguruan Tinggi Negeri)
Iya UT memang termasuk PTN sama seperti Perguruan Tinggi Negeri lainnya seperti UI, UGM, UIN maupun sebagainya. Bahkan UT termasuk Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984. Jadi statusnya sah dan legal.
  • Prodi dan jurusan di UT semua terakreditasi dengan status A & B
Semua jurusan dan prodi di UT terakreditasi dengan status A dan B. Hanya jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota yang masih C, itupun dikarenakan jurusan tersebut belum terlalu lama dibuka. Untuk melihat lebih lengkapnya tentang status akreditasi jurusan UT dapat anda lihat di > Status Akreditasi UT
  • UT banyak mendapatkan sertifikat dari berbagai lembaga akreditasi Internasional
Diantaranya sertifikat ISO 9001, sertifikat ini diberikan kepada UPBJJ (Unit Program Belajar Jarak Jauh) UT berdasarkan penilaian atas bidang-bidang Layanan Bahan Ajar, Pengembangan dan Layanan Bahan Ajar dan Ujian, Layanan Administrasi Akademik, dan Layanan Belajar Jarak Jauh. Untuk selengkapnya lihat > Sertifikat ISO

Sertifikat dari International Council for Open and Education (ICDE) yang diterima pada hari Rabu, 24 November 2010. Sertifikat tersebut juga merupakan pengakuan internasional bahwa UT telah memenuhi standar pelayanan praktik baik pendidikan terbuka dan jarak jauh internasional kepada mahasiswa yang tinggal di seluruh penjuru tanah air. ICDE menyatakan bahwa UT telah menerapkan sistem PTTJJ (Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh) berkualitas tinggi melebihi standar penyelenggaraan dan penyediaan layanan PTTJJ kepada mahasiswa. Untuk selengkapnya lihat > Sertifikat Kualitas ICDE
  • Selain bahan ajar berbentuk cetak UT juga menyediakan bahan ajar bentuk digital yang bisa diunduh Via PlayStore & Window PC.
Bahan ajar digital Universitas Terbuka
  • UT berhasil menduduki peringkat ke 21 se-Indonesia berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities 2016. Selengkapnya dapat anda lihat di > Peringkat Universitas Se-Indonesia.
  • UT saat ini memiliki 39 kantor layanan Unit Program Jarak Jauh yang tersebar di kota/kabupaten di Indonesia dan memiliki 1 kantor layanan luar negeri.
Kantor Layanan UT
Source Image : www.ut.ac.id
  • Biaya studi yang terjangkau. Selengkapnya lihat di > Biaya Pendidikan UT
  • Sistem belajar mandiri plus tutorial (Online/Tatap Muka)
  • Waktu kuliah Fleksibel tidak ada batas waktu masa studi.
  • Kuliah di UT tidak memandang usia.
  • Banyak alumni UT yang berkualitas, diantaranya : Wiranto (Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia ke-6) , Ibu Ani Yudhoyono (Istri dari presiden Indonesia ke enam) , Djohar Arifin Husin (Ketua Umum PSSI ke-14) dan masih banyak lulusan berkualitas lainnya.
Dalam perjuangannya selama 32 tahun, pandangan masyarakat tentang UT memang kurang baik. Hal itu terjadi karena masyarakat menilai UT hanya dari omongan-omongan mulut ke mulut. Dalam mencari info tentang sesuatu ada baiknya kita lebih teliti. ( Jangan pernah menilai sesuatu HANYA dari omongan orang ). Semoga dengan tulisan ini, pandangan anda tentang Universitas Terbuka bakalan lebih terbuka.
Dise Natalis ke-32
Logo Dies Natalis UT ke-32

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-32. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

BERBAGI ITU INDAH

Dapatkan Update Artikel Terbaru langsung ke Email Kamu

ARTIKEL TERKAIT

Previous
Next Post »