Nasehat Bagi Yang Tertimpa Masalah


nasehat bagi yang tertimpa masalah

Nasehat bagi yang berputus asa - Assalamu'alaikum sahabat seiman. Jika banyak masalah yang menghampiri dan sudah tidak tau lagi harus berbuat apa. Maka yakinlah jika musibah dan hinaan manusia begitu hebatnya maka ketahuilah bahwa engkau memiliki Allah yang tidak pernah mengecewakanmu. Dia memberimu jalan keluar dari arah yang engkau perkirakan maupun yang tidak kau sangka.

Tidaklah seorang hamba berdoa dengan tulus ketika musibah menimpanya, kecuali Allah memberinya salah satu dari dua perkara :
  • Jika kesulitanmu lebih baik diangkat, maka Dia akan mengangkatnya segera. 
  • Dan jika kesulitanmu belum saatnya diangkat, maka Allah akan memberi keyakinan, iman dan ketundukan sehingga kamu merasakan penghambaan yang penuh nikmat dan bahagia.
Itulah sebagian nasehat yang diberikan oleh Syaikh Muhammad alMukhtar Syinqithi. Lihat nasehat lengkapnya di video ini. Jika kalian tidak bisa B.Arab seperti saya :), Video dibawah sudah tersedia subtitle Indonesianya.


Jika anda malas memutar video karena alasan tertentu, admin sudah menyimpan beberapa nasehat pentingnya. Nasehat ini disimpan juga sebagai pelajaran bagi saya sendiri. Inilah sekilas nasehat dari Syaikh Muhammad alMukhtar Syinqithi :

Untuk engkau yang berputus asa
Engkau harus tawakkal kepada Allah dan terus berprasangka baik pada-Nya karena sesungguhnya Allah tergantung prasangka hamba-Nya. Jangan pernah menyerah dan berputus asa dari pertolongan dan rahmat-Nya. Pasrahkan kepada yang Maha hidup lagi memperhatikan makhluk-Nya. Pasrahkan kepada yang Maha Pengasih dan Maha Penyanyang.

Mintalah pada-Nya agar diberi pertolongan, taufiq, ketabahan Dan membukakan untukmu jalan keluar. Karena tiada yang dapat mengusir rasa khawatir dan menghilangkan penderitaan kecuali Yang Maha Hidup dan Mengurus makhluk-Nya. Yang tidak pernah tidur dan mengantuk.

Saudaraku! Allah menginginkan kebaikan untukmu saat Dia menguji mu, sehingga hatimu kembali tunduk pada-Nya. Allah menginginkan kebaikan untukmu saat engkau mengalihkan perhatianmu pada-Nya, sehingga engkau menghadap-Nya karena kesedihanmu dan mengadu pada-Nya diatas kesulitanmu.

"Ya Allah, jangan Engkau halangi kebaikan dariMu, akibat keburukanku"
Perbanyaklah berdoa dengan penuh ketundukan karena sesungguhnya kasih sayang Allah melebihi kasih sayangmu pada dirimu sendiri. Seseungguhnya jika Allah membantumu, maka bantuan akan datang dari arah yang tak terduga

Saat dunia tidak seperti harapan.
Saat orang-orang mengecewakanmu.
Saat yang dicintai dan karib meninggalkanmu.
Saat kau berharap pada manusia dan mereka mengecewakanmu.
Saat kau menaruh harapan pada selain Allah dan mereka tidak memenuhi harapanmu
pada titik ini ketahuilah bahwa Allah ingin agar engkau beralih pada-Nya.

Orang yang paling bahagia di dunia adalah orang yang mentautkan hatinya pada Allah.
  • Ketika manusia menghinamu, maka ketahuilah bukan mereka yang membuat mu hina atau mulia.
  • Ketika manusia mengejekmu dan engkau memelas pada mereka, maka ketahuilah bahwa mereka tidak memiliki daya memberi mamfaat maupun mudharat.
Jika musibah dan hinaan manusia begitu hebatnya, maka ketahuilah bahwa engkau memiliki Allah yang tidak pernah mengecewakanmu. Dia memberimu jalan keluar dari arah yang engkau perkirakan maupun yang tidak kau sangka.

Tidaklah seorang hamba berdoa dengan tulus ketika musibah menimpanya, kecuali Allah memberinya salah satu dari dua perkara : Jika kesulitanmu lebih baik diangkat, maka Dia akan mengangkatnya segera. Dan jika kesulitanmu belum saatnya diangkat, maka Allah akan memberi keyakinan, iman dan ketundukan sehingga kamu merasakan penghambaan yang penuh nikmat dan bahagia.

Itulah sebagian nasehatnya semoga kita termasuk orang yang hatinya selalu mengingat Allah. Amiin ya Rabb :)

BERBAGI ITU INDAH

Dapatkan Update Artikel Terbaru langsung ke Email Kamu

ARTIKEL TERKAIT

Previous
Next Post »