9 Keutamaan Wudhu

keutamaan wudhu


Gelap Terang - Assalamu'alaikum pecinta Islam. Pada kesempatan kali ini penulis ingin menyimpan ilmu tentang keutamaan wudhu’ seperti yang di sebutkan dalam kitab Tanqihul Qaul. Ilmu ini admin simpan disitus ini supaya dapat memberi mamfaat untuk sesama, lebih khususnya untuk admin sendiri.

Kitab Tanqihul qaul adalah kitab karangan syekh Nawawi Al Bantani yang merupakan penjabaran dari kitab Lubab Al-Hadits karangan Imam Jalaluddin As-Suyuthi. Kitab ini terdiri dari 40 bab yang membahas tentang amalan-amalan kebajikan, di antaranya adalah keutamaan wudhu’ yang di bahas pada bab ke-6. Berikut adalah keutamaan - keutamaan wudhu’ yang dibahas dalam kitab Tanqihul Qaul :

1. Allah angkat derajatnya dan didoakan oleh malaikat

Diriwayatkan oleh Adh Dhahhak dari Abi Hurairah r.a bahwa ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah seorang hamba lelaki atau perempuan berwudhu dengan baik, kemudian sesudahnya membaca inna anzalnahu fi lailatil qadri sampai selesai, melainkan Allah SWT memberinya dengan setiap huruf darinya seratus derajat dan setiap tetes dari wudhu’nya seorang malaikat yang memohonkan ampun baginya sampai hari kiamat". Demikianlah di sebutkan Dalam Riyadhus Shalihin.

2. Diampuni dosa - dosanya

Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barangsiapa berwudhu’ untuk Shalat dan membaguskan Wudhu'nya , kemudian ia mengerjakan shalat, maka ia pun keluar dari dosanya seperti pada hari ketika ia dilahirkan oleh ibunya".

Nabi Muhammad SAW Bersabda : ”barangsiapa berwudhu untuk shalat lalu ia kerjakan Shalat, maka Allah menghapus dosa-dosanya antara shalat itu dan shalat berikutnya.”

Dalam kitab Al-ihya' di sebutkan : "Barangsiapa berwudhu’ dengan baik dan shalat dua rakaat tanpa mengingat-mengingat sesuatu urusan dunia di dalamnya, maka ia pun keluar dari dosa-dosanya seperti hari ketika ia dilahirkan oleh ibunya.”

3. Mendapatkan pahala syahid

Nabi Muhammad SAW bersabda "Barang siapa tidur dalam keadaan wudhu, lalu ia mati di malam itu, maka ia mati syahid di sisi Allah. Dalam kitab Ihya ulumuddin di sebutkan, Rasulullah SAW bersabda: "Apabila hamba tidur dalam keadaan suci, maka ruhnya dinaikkan ke Arsy. Maka mimpinya benar. Jika ia tidak tidur dalam keadaan suci, maka ruhnya tidak bisa sampai dan mimpi-mimpinya kacau tidak benar.

4. Mendapatkan pahala seperti orang berpuasa dan shalat malam

Nabi Muhammad SAW bersabda : "Orang yang tidur dalam keadaan suci seperti orang yang puasa dan shalat malam". Yakni sama - sama mendapat pahala, meskipun berbeda kadarnya.

5. Allah menetapkan kepadanya 10 kebaikan

Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barangsiapa berwudhu dalam keadaan suci dari hadas, di tetapkan baginya sepuluh kebaikan". (H.R. Abu Dawud, Tirmizi dan Ibnu Majah dari Ibnu Umar).

6. Wudhu separuh dari iman

Nabi Muhammad SAW bersabda: "Wudhu’ itu separuh dari iman". (H.R. Ibnu Abi Syaibah dari Hasan bin Athiyah).

7. Wudhu salah satu syarat dari sah shalat

Nabi Muhammad bersabda: " Tiada Shalat bagi siapa yang tak berwudhu dan tiada Wudhu bagi siapa yang tidak menyebut nama Allah ketika melakukannya." (H.R. Ahmad, Abu Dawud , Ibnu Majah dan alhakim dari Abu Hurairah , dan Ibnu Majah dari Said bin Zaid).

Nabi Muhammad SAW Bersabda : "Allah tidak menerima shalat seseorang dari kamu bila ia berhadas hingga ia berwudhu". (H.R. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Abi Hurairah).

8. Pahala yang berlipat ganda


Dalam kitab Al Ihya‘ di sebutkan, Nabi Muhammad SAW Bersabda: Nabi SAW berwudhu’ sekali- sekali dan beliau berkata: ini adalah wudhu’ dan allah tidak menerima shalat kecuali dengannya. Dan beliau berwudhu, dua kali-dua kali dan berkata: Barangsiapa berwudhu’ dua kali - dua kali, maka Allah memberinya pahala dua kali. Nabi SAW berwudhu’ tiga kali - tiga kali dan berkata: Ini adalah wudhu’ ku dan wudhu nabi - nabi sebelum aku serta wudhu Khalilur Rahman Ibrahim ‘Alaihi salam.

9. Wudhu adalah cahaya diatas cahaya

Nabi Muhammad SAW Bersabda : "Wudhu’ diatas Wudhu” adalah cahaya di atas cahaya". Yakni memperbaharui wudhu’ adalah kebaikan di atas kebaikan. Seperti di sebutkan Ibnu hajar dalam Musnad Rahimahullah.

Itulah beberapa keutamaan dari berwudhu. Jika ingin mendapatkan keutamaan - keutamaan diatas, maka pelihara dan perbaguslah wudhunya. Sungguh ajal tidak ada yang tau pasti kapan datangnya. Meninggal dalam keadaan suci sungguh sangat didambakan oleh sesama. Maka apa salahnya kita menyisihkan waktu sebentar untuk selalu menjaga wudhu. Sekian, semoga kita termasuk orang yang selalu dalam keadaan suci / terpelihara wudhunya.

BERBAGI ITU INDAH

Dapatkan Update Artikel Terbaru langsung ke Email Kamu

ARTIKEL TERKAIT

Previous
Next Post »