5 Malam Mulia Dalam Islam

malam mulia islam

Gelap Terang - Assalamu'alaikum sahabat seiman, untuk menjaga keberkahan situs ini, ada baiknya admin juga memposting tulisan berkategorikan Islam :D. Jadi kali ini admin akan menulis tentang malam-malam yang mulia dalam Islam. Malam-malam apakah yang dianggap mulia dalam Islam ? Jawabannya ada dibawah,

1. LAILATUL QADR

Lailatul Qadr adalah malam yang lebih mulia di bandingkan dengan seribu bulan seperti yang di sebutkan oleh Allah dalam Alquran surat "Al-Qadr ayat 3" . Lailatul Qadr adalah salah satu malam yang ada pada bulan Ramadhan yang penuh dengan kemuliaan, namun malam ini di rahasiakan oleh Allah akan kepastiannya. Barang siapa yang mendapatkannya dengan beribadah dan selalu berzikir kepada Allah, maka amalannya lebih utama dari pada amalan seribu bulan.

2. MALAM MAULID NABI

Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 12 bulan Rabi’ul Awal tepatnya tahun 571 M di kota Mekkah. Tanda-tanda kemuliaan Nabi Muhammad SAW sudah ada sejak beliau lahir ke dunia ini , diantaranya adalah hancur semua berhala di sekitar ka’bah, padamnya api sesembahan majusi dengan seketika setelah bertahun-tahun menyala, langit yang sangat indah di kota Mekkah pada malam kelahiran Nabi. Pada malam yang penuh dengan kemuliaan ini kita di anjurkan untuk melaksanakan shalat tasbih dan juga di anjurkan membaca shalawat syarif (shalawat nariyah, munjiyah, fathiyah) sebanyak mungkin.

3. MALAM RAGHAIB

Malam Raghaib adalah malam jum’at yang pertama pada bulan Rajab. Pada hari Jum'at tersebut dianjurkan dengan berpuasa. Pada malam raghaib di anjurkan untuk melaksanakan shalat hajat sebanyak 12 rakaat dan setiap rakaat satu kali salam. Cara mengerjakannya, setelah membaca surat Al fatihah membaca surat Al Qadr 3 kali dan Al Ikhlas 12 kali. Setelah selesai shalat , membaca shalawat ummiyah.

4. MALAM ISRA' MI'RAJ

Malam Isra’ Mi’raj adalah malam ke-27 pada bulan Rajab. Isra’ mi’raj adalah dua perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam satu malam. Isra’ adalah perjalanan Nabi dari masjidil Haram ke masjidil Aqsa sedangkan mi’raj adalah perjalanan dari masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha, pada saat inilah Rasulullah SAW mendapatkan perintah langsung dari Allah untuk menunaikan ibadah shalat. Pada malam ini di anjurkan melaksanakan 12 rakaat shalat hajat. Pada setiap rakaatnya, sesudah membaca Al Fatihah, membaca surat Al Ikhlas sebanyak 10 kali.

5. MALAM AL-BARA'AH / NISFU SYA'BAN

Malam Bara’ah adalah malam yang ke -15 pada bulan Sya’ban atau yang lebih di kenal dengan malam Nisfu sya’ban. Pada malam ini di anjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan sunnah seperti shalat sunnah tasbih dan lain sebagainya karena memiliki manfaat yang luar biasa.

Sekian, itulah sebagian malam-malam mulia dalam Islam. Semoga dapat memberi mamfaat bagi sesama. Setelah dibaca jangan malas - malas untuk mempraktekkan amalan-amalannya ya :D

BERBAGI ITU INDAH

Dapatkan Update Artikel Terbaru langsung ke Email Kamu

ARTIKEL TERKAIT

Previous
Next Post »